Cara Paralel Receiver Parabola tanpa dibatasi Polaritas (Bebas nonton)

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara paralel dvb receiver di antena parabola Anda agar bisa di sambung ke 4 buah receiver di setiap kamar atau di manapun sesuai keinginan, tetapi masih bebas memilih siaran tv atau program televisi yang ingin Anda tonton tanpa batasan apapun. Memang, terkadang dalam satu rumah biasanya kita memiliki keinginan berbeda dalam memilih acara tv favorite / kesukaan. Kalau pada jaman dulu, siaran parabola agak sulit / rumit untuk bebas nonton di beberapa receiver alias harus banyak perangkat yang digunakan dan agak mahal biayanya, tetapi pada saat ini untuk bisa menyambung receiver ke setiap kamar di rumah Anda kemudian bisa menyaksikan acara televisi kesukaan masing-masing sangatlah sederhana, mudah dan murah meriah. Cara ini adalah dengan menggunakan LNB Combo / LNB Two in One dan MultySwitch 2x4. Lihat gambar contoh di bawah :



LNB Combo / Two inOne LNB
DiSeq Multyswitch 2x4



Gambar di atas adalah contoh komponen yang di butuhkan dan bisa anda beli di toko-toko elektronik di kota anda hanya dengan harga kurang lebih 150rb - 250rb an saja, tetapi tentu saja belum termasuk ongkos pemasangannya. Jika anda tertarik untuk praktek sendiri memasang komponen di parabola anda yang tentunya sudah lebih dulu terpasang, atau baru berencana akan memasang parabola dengan cara paralel bebas ke banyak receiver dan pesawat televisi di rumah, kantor, penginapan dan hotel...dsb. Anda bisa lihat skema alur pemasangannya seperti gambar di bawah ini :

Skema dasar paralel receiver
Gambar skema di atas adalah alur rangkaian pemasangan parabola untuk paralel ke 4 buah dvb receiver tanpa batasan polarity / polaritas. Cara ini adalah cara paling mudah dan efektip, tetapi sebenarnya anda juga bisa menambah lagi beberapa receiver dengan menambah dan mengkombinasi komponen Switch 22K dan Switch 12volt sebelum masuk ke input Multyswitch DiSeqC 2x4, dan jangan lupa menambah penguat signal Line Amplifier di pasang di LNB output. Selamat mencoba.