Cara mudah Parallel DVB Receiver Parabola

Bagi pengguna parabola yang ingin menyambungkan siaran tv parabola ke beberapa pesawat televisi dan bisa memilih channel pada masing-masing tv yang biasa disebut (paralel receiver). Yang perlu Anda ketahui adalah :
Paralel receiver bukan berarti Anda bisa memilih channel di setiap receiver secara bebas atau total seperti ketika hanya menggunakan 1 DVB receiver saja. Alasannya adalah : Ada perbedaan Polarisasi dalam setiap stasiun tv, contoh : Pol Vertical dan Pol Horizontal, Polarity inilah yang membatasi kebebasan Anda dalam memilih siaran tv yang diterima di setiap dvb receiver yang di paralelkan. Contohnya begini :

Ketika parabola Anda menggunakan 1 receiver maka disebut dvb rec (central), kemudian di sambung ke receiver ke 2, maka receiver ke 2, 3, 4 dst (paralel) akan selalu mengikuti polarisasi receiver pertama (central), tetapi masih bisa memilih channel tv yang berpolarisasi sama. Contoh: Rec central sedang menayangkan siaran RCTI yang berpolarisasi Horizontal, maka receiver ke 2, 3, 4...dst (paralel) hanya bisa menonton siaran tv yang berpolarisasi sama Horizontal seperti: SCTV, TVOne, TVRI Nas, Bali TV, Global TV, Gogo Mall, Qur'an Tazkiah, Metro TV, LBS, NHK, Spacetoon...dll.

Nah, pada saat receiver 1 (central) berpindah channel dari kategori daftar channel  berpolarisasi Horizontal (di sebut di atas) ke siaran TV yang polarity nya kategori Vertical seperti: MNC TV, Matrix TV, Indosiar, Da ai TV, B Channel..dll, maka seketika itu juga receiver ke 2..3..dst (paralel) akan langsung menghilang, artinya : receiver (paralel) harus pindah channel mengikuti siaran tv kategori Vertical yang di gunakan receiver 1 (central), daftar kategori TV Vertikal seperti (disebut di atas).
Dengan kata lain "Bebas memilih channel, tetapi terbatas pada kategori Polarity".

Contoh alur pemasangan perangkat:
Dish Antenna >> 1 LNB (single) >> 1 Line Amplifier >> Masuk ke dvb receiver 1 central (panel belakang: konektor "LNB Input") >> Pasang kabel untuk paralel receiver dari  dvb Receiver 1 central (pada panel belakang: konektor "Loop Out" atau "LNB OUT") ke >> dvb receiver ke 2 paralel (panel belakang "LNB Input").

Jika ingin memasang paralel receiver yang ke 3, 4...dst, maka Anda harus selalu menyambungkan pada konektor "LNB OUT" dari DVB receiver paralel terakhir yang telah tersambung, ke "LNB Input" pada dvb receiver (paralel) berikutnya yang akan di sambungkan, begitu juga yang ke 4, 5, 6...dst.
Artinya: Semua dvb receiver (paralel) bukan tersambung ke dvb receiver (central) atau menyambung kabel langsung ke Lnb, tetapi saling menyambung dari receiver ke receiver yang lain.

Catatan: Line Amplifier : adalah alat untuk memperkuat signal frequency jika parabola di gunakan lebih dari 1 dvb receiver, atau digunakan jika jarak kabel dari LNB ke dvb receiver melebihi dari 25 meter.

Penjelasan di atas adalah jika Parabola yang Anda gunakan hanya memakai 1 LNB (single LNB) .

Silahkan lihat untuk penggunaan Two in One LNB agar lebih praktis.