Cara service Hang startup loading Handphone

Artikel ini saya tulis supaya pengguna ponsel tau yang biasa dilakukan para tekhnisi service ketika memperbaiki Handphone dengan kerusakan saat dinyalakan, proses loading ternyata tidak membuka Menu tampilan di layar lcd secara wajar. Gangguan ini terjadi secara umum di semua model ponsel Sonyericsson juga merk lainnya. Mungkin bagi para pengguna hp yang belum pernah mengalami gangguan seperti ini akan berpikir kerusakannya akan dianggap parah, padahal tidak separah itu...! Pada umumnya tekhnisi service menyimpulkan bahwa itu terjadi karena Hang data pada software. Sebagai seorang teknisi juga, saya berpendapat lain, karena ingin berbagi ilmu dan pengalaman walaupun sebenarnya info ini sangat "rahasia perusahaan tekhnisi service",  tetapi itu gak jadi masalah karena pengguna juga punya hak untuk tidak di bohongi atau tidak dijadikan target penipuan secara halus, dikarenakan tidak semua ahli service bekerja secara jujur. Saya pikir ini akan bermanfaat bagi anda semua.



Langkah perbaikan:

Asumsi kerusakan adalah disebabkan tidak merekatnya secara sempurna timah/patri yang menempelkan komponen CPU atau unit di wilayah baseband ke PCB.

1. Siapkan HOT AIR/solder uap dengan parameter Heather kurang lebih 300'C level Air 2,5.

2. Gunakan Songka untuk melindungi pemanasan secara langsung ke komponen'

Catatan: Jika anda tidak memiliki alat HOT AIR/solder uap, anda bisa coba menggunakan Hairdryer, untuk Songka bisa di beli di toko peralatan service hp terdekat.

3. Mulai melakukan blow dengan jarak 3 cm lebih hingga seluruh lapisan Songka yang terlebih dulu di oleskan ke permukaan komponen mengering.

4. Setelah Blow/pemanasan selesai, cuci bersih lapisan songka yang menempel di PCB ponsel menggunakan thinner.

5. Keringkan sisa cairan thinner pada pcb ponsel menggunaka hot air/hairdryer.

6. Mulai hidupkan Handphone untuk menguji keberhasilan hasil kerja anda.

Catatan: Persentase keberhasilan menggunakan cara ini 85% berhasil menurut pengalaman saya selama ini. Tergantung dari keterampilan anda menggunakan HOT AIR/Hairdryer pada saat blow dengan menentukan jarak dan temperatur panasnya.

Sekian kiat-kiat yang dapat saya tulis mudah-mudahan berguna buat anda juga para tekhnisi pemula.