Tips Cara merawat LCD HP Laptop dan TV

Tips Cara merawat LCD HP Laptop dan TV, seperti kita ketahui LCD adalah media yang sangat penting dan vital juga sangat sensitif, Jika LCD di hp, Laptop atau TV anda kotor tentu tidak akan merasa nyaman saat menggunakannya, apalagi kalau LCD itu tidak normal atau rusak, bisa repot di kemudian hari jika kita mengabaikan perawatan yang benar. Jadi, intinya adalah perlakukan LCD dengan hati-hati, karena jika sudah rusak :
 
1. Belum ada tekhnisi yang mampu memperbaiki LCD yang rusak. Alasannya karena LCD bukanlah rangkaian element seperti layar tabung televisi biasa yang masih bisa di akalin jika rusak, itupun tidak akan normal 100%, apalagi dengan LCD / LED yang terbuat dari cairan crystal.

 
2. Bayangkan harga distributor LCD Original hampir setengah dari harga beli barang (HP, Laptop, Netbook, Plasma TV) baru. Dan lagi, mengganti LCD tidak bisa dengan sembarang Merk, harus dengan sesuai merk dan type nya. Jadi intinya lagi; Benar kata pepatah mengatakan"Sedia payung sebelum hujan" ya khan?


Alasan kenapa saya tulis artikel ini karena banyak kasus terjadi dari teman-teman bahkan sodara saya yang mengalami kerusakan LCD karena kurang hati-hati dalam hal cara menggunakan dan perawatannya.

Ok...kita mulai dengan larangan memperlakukan LCD:

1. Jangan pernah Monitor LCD anda terkena sinar matahari secara langsung jika sedang menggunakannya di luar ruangan/ruangan terbuka karena akan mempengaruhi cairan crystal di dalamnya, efek nya adalah lama kelamaan gambar LCD akan semakin buram dan tidak fokus.

2. Jangan pernah menekan monitor LCD baik dengan jari tangan maupun benda tumpul apalagi benda tajam karena akan merusak permukaan dan meninggalkan bekas goresan.

3. Jangan membersihkan LCD dengan cara sentuhan telapak tangan karena mengandung cairan keringat berminyak yang akan menempel di permukaan, efeknya akan sulit membersihkannya ke posisi seperti baru.

4. Jangan membersihkan Layar LCD dengan bahan yang mengandung alkohol dan zat kimia.

5. Jangan menyimpan di tempat yang lembab.

6. Jangan sekali-kali membanting apalagi melemparnya karena akan mengakibatkan kerusakan total. He..he ya iya laaah, semua orang juga tau itu. Ga..maksud saya daripada di banting atau dilempar mending di kasih sama saya aja, githu loooh...ngarep.

Ok sekarang cara yang benar merawat LCD:

1. Jika anda beli HP, Laptop, TV LCD baru, sebaiknya langsung di pasang pelindung saat itu juga karena permukaan LCD masih murni belum terkontaminasi kotoran berdebu. Akan berbeda hasilnya jika di pasang setelah di digunakan, tentunya anda tau kalau debu itu ada di mana-mana dan akan menyebabkan ketidak sempurnaan kalau dipasang pelindung setelah debu nempel. Memasang pelindung sebaiknya di ruangan tertutup dan ber-AC untuk menghindari debu.

2. Jika terlanjur belum pakai pelindung LCD dan tidak pakai pelindung sama sekali. Saran saya pasanglah pelindung kepada ahli yang berpengalaman, jika di pasang sendiri saya jamin tidak akan sempurna.

3. Cara membersihkan LCD dengan cairan GEL khusus dan kain Lap khusus yang ekstra halus tidak berbulu, banyak tersedia di toko-toko komputer dan elektro.

4. Cara terbaik membersihkan LCD adalah dengan Stiker Cleaner khusus serupa mirip LCD Protector.

Sekian saran saya, mudah-mudahan berguna dalam Cara merawat LCD HP, Laptop dan TV.