Cara Proteksi dan Melindungi Konten Blog

DMCA
Jika Anda seorang publisher atau penulis konten artikel asli di blog yang dapat diakses oleh umum di internat, alangkah baiknya apabila melindunginya dengan aturan main yang berlaku di dunia online, salahsatu yang disarankan oleh Google agar menggunakan DMCA (Digital Millennium Copyright Act). Melindungi konten berupa karya cipta orsinil adalah hak bagi pencipta dan patut dihargai dalam dunia online.

Seringkali konten berupa tulisan, gambar, video dst, banyak dilanggar oleh orang-orang yang kurang memahami etika dalam dunia blogging. Dan ini juga terjadi pada beberapa blog yang saya bangun, termasuk blog Coerhat yang sedang Anda kunjungi saat ini. Ada beberapa blog lain (blogger curang) yang sengaja menjiplak / copas konten kemudian mempublikasikannya di blog mereka tanpa seijin dan tanpa memberi Link aktif ke konten Asli yang mereka gunakan. Tentu saja ini sebuah pelanggaran yang sangat merugikan blog kita di search engine Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Disamping telah melanggar etika dan melanggar hak cipta kekayaan intelektual, mereka juga (para blogger pesaing yang ingin menjatuhkan) telah dengan sengaja memposting konten di situs media sosial seperti Facebook..dll, agar konten original dianggap duplikasi konten oleh bot/crawler, dan pada akhirnya konten artikel asli kita yang sebelumnya berada di posisi atas hasil pencarian SERP lalu jatuh posisi bahkan tidak di indeks samasekali. Lihat contoh posisi Coerhat sebelum ada duplikasi konten :

Posisi SERP Coerhat
Posisi SERP

Sebenarnya saya bisa saja langsung melakukan komplen dengan DMCA Complaint ke Google untuk mengambil tindakan penghapusan Blog mereka di internet. Tetapi saya masih tetap berharap mereka sadar sendiri dengan kesalahan yang dilakukannya, dan (mudah-mudahan mereka membaca posting ini) untuk segera melakukan penghapusan konten hasil copas sebelum saya ambil tindakan akhir. Ini contoh salahsatu penjiplak konten dgn mengambil judul dan penggalan artikel asli di blog Coerhat :

Penjiplak konten

Jangan pernah berpikir bahwa melakukan copas tidak akan diketahui, karena sebenarnya banyak alat yang bisa kita gunakan untuk mendeteksi setiap pelanggaran yang mereka lakukan, contoh sederhananya dengan Google Webmaster Tools, cukup memasukan URL ini saja di browser : https://www.google.com/webmasters/tools/external-links-domain?hl=en&siteUrl=http://coerhatyou.blogspot.com/ - maka akan kita lihat link-link yang tidak wajar. Dan untuk konten keseluruhan, saya bisa tau blog mana saja yang menduplikasi, dari laporan DMCA dan Copyscape.

So, apakah Anda termasuk blogger yang sering melakukan copas tanpa ijin dan tidak memberikan penghargaan berupa link aktif ke konten asli? mudah-mudahan tidak! tapi jika ya, bersiaplah pada suatu saat akan terjadi pelaporan ke Google melalui DMCA Complaint.

Nah, apabila Anda seorang penulis blog yang belum memproteksi / melindungi konten blog Anda, silahkan gunakan Free DMCA Complaint sebelum menggunakan DMCA Complaint Pro, Sallam..!


DMCA