Tips merawat battery ponsel supaya awet

Tips triks kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang cara merawat battere handphone supaya awet atau tahan lama dan gak cepat ngeDrop alias rusak. Pada kenyataannya, banyak pengguna ponsel yang hanya bisa pakai tapi gak bisa merawat HP nya, itu disebabkan karena malas membaca buku panduan pengguna dan kurang perhatian akan hal-hal yang sering di anggap sepele, padahal ini  sangat penting...!!! Coba anda bayangkan atau mungkin anda pernah merasakan ketika HP yang di gunakan sering ngadat gara-gara battere cepet abis, nge Charge cuma sebentar tapi indikator sudah penuh ketika di pakai langsung abis dan mati, begitu seterusnya...Capek dehk. Padahal kalau anda berniat untuk ganti battere yang baru Original tuh mahal buanget" (Original = artinya Asli sesuai bawaan pabrikan=harus beli di distributor sesuai Merk nya)" bukan beli di konter-konter dengan harga 15rb- 35rb, itu mah atuh ga bakalan sama seperti waktu beli HP baru...di jamin gagal,!!!hehe. Eh..maaf ya saya ko jadi berapi-api gini...,maklum, adik, sodara dan temen saya pernah mengalami hal seperti itu, karena gak pernah mau dengerin saran-saran ku. Padahal mereka tau kalau saya ini punya basic tekhnologi Elektro termasuk HP, buktinya saya gak pernah tuh ngalamin battere ngeDrop atau HP ngeDrop selama puluhan kali ganti HP,...maaf bukan bermaksud sombong...tapi ini kenyataan, saya kan punya konter dan suka service HP dan PC, pokok nya yang berbau Elektro lah. Ok..keburu bosen baca tulisan saya mending kita mulai aja. Saran saya:



1. Ketika beli HP baru, Jangan langsung di Charge, tapi hidupkan HP dengan battere apa adanya sampai habis. Ini menjadi penting karena biasa nya orang kalo beli HP pengen nya langsung pake sambil di charge, padahal itu adalah kesalahan fatal pertama yang di lakukan.

2. Ketika battere sudah habis, matikan HP dan mulai Charge maximal 4 jam untuk pertama kalinya ngeCharge battere HP anda.

3. Jangan nge Charge HP ketika indikator masih penuh atau setengah, dengan kata lain Charge lah HP anda ketika HP minta di Charge.

4. Nge Charge HP harus dalam keadaan mati dan usahakan jangan cabut aliran listrik ketika Battere belum penuh, periksa steker atau kabel listrik dalam keadaan layak pakai alias normal.

5. Cabut Charger ketika indikator battere sudah menunjukkan Full. Biasanya orang sering lupa waktu nge charge dan di biarkan kelamaan, mungkin untuk satu atau dua kali belum bermasalah. Tapi itu akan berakibat battere Kembung seperti hamil jika keseringan. Itu salah satu penyebab battere Drop.

Sekian saran dari saya, mudah-mudahan berguna.