Tips Cara Setting Frekuensi Receiver DVB Parabola

Info ini saya sharing untuk pengguna Digital Parabola / DVB receiver yang tentunya belum tau cara setting kode frekuensi channel TV baru yang akan di program untuk mulai pencarian Channel siaran televisi. Pada dasarnya semua Merk DVB menggunakan Menu yang sama, hanya berbeda bahasa atau istilah dan letak tombol pada remote dan Receiver. Sebagai informasi, saya menggunakan Receiver DVB UNISAT type XENIUM. Jadi anda tidak usah khawatir dan bingung karena saya akan memandu dengan penjelasan detail dilengkapi contoh gambar. Tapi sebelum mulai, sebaiknya Anda lihat daftar frequency satellite PALAPA D  atau FTA TV TELKOM 1 terbaru yang akan di masukan kodenya. Kalo sudah ketemu freq tv satelit nya, mari kita mulai.
ok...anda bisa mulai dengan menekan Menu di remote / receiver, lalu pilih Installasi > tekan Ok, akan terlihat gambar seperti di bawah :




Lalu pilih Manual Channel Search > OK :




Lalu pilih dan tentukan Satellite yang akan di masukan kode Frequency nya:



Lalu pilih kolom TP No atau Transponder :

Pilih kolom Freq> masukan 4 digit kode frekuensi untuk C-Band, bisa menggunakan tombol angka langsung di remote atau tombol navigasi( panah atas/bawah) :


Selanjutnya masukan kode Symbol Rate di kolom S/R, 4-5 digit :

Lalu geser ke Polarity /
Pol > pilih H=Horizontal atau V=Vertical. sampai muncul Signal.

Jika signal belum muncul juga, coba di tambah/kurangi digit terakhir Freq atau Symbol Rate maksimal 5 digit. Setelah Signal muncul, masuk ke Option > pilih Search tekan OK untuk mulai pencarian Channel:

Akan muncul konfirmasi pencarian, All untuk mencari semua channel termasuk yang sudah ada di daftar channel. FTA untuk channel frequensi TV bebas/gratis yang belum ada dalam daftar channel. seperti gambar di bawah: Silahkan pilih lalu tekan OK untuk memulai pencarian siaran TV.

Jika sudah di temukan, tekan Menu/Exit. Hasil pemrograman biasanya akan berada pada daftar urutan channel paling bawah/akhir (tergantung karakter Merk Receiver).

Selesai sudah tips Cara Setting Frekuensi Receiver DVB Parabola, mudah-mudahan berguna buat anda.