Pentingkah Pagerank & Backlink buat Traffic Blog

Baru mulai bikin blog dan posting beberapa artikel, biasanya seorang blogger pemula kemudian mencari cara untuk dapet  backlink sebanyaknya untuk menaikkan pagerank dan meningkatkan traffic pengunjung blognya, atau membaca tips trik agar cepat di index google dan tampil di halaman pertama search engine google. Lalu baca ratusan artikel dari blog-blog yang menawarkan tips SEO. Celakanya - tips dan triks yang dibaca udah terlalu usang alias jadul atau ketinggalan jaman, juga dengan kata lain- tips optimasi blog nya udah di terbitkan 10 tahun yang lalu, kemudian di copas secara turun-temurun dari mulai dilahirkannya dunia maya di Paman Sam sampai ke blog yang bertebaran di pelosok kampung dan kota di negara kita lewat dunia internet...hehe. Karena udah ngidam PR, mereka sibuk komentar di sana sini hanya untuk mendapat Backlink, bahkan tanpa disadari mereka menjadi seorang spammer.



Pertanyaannya adalah:
  •  Apa bener backlink akan cepat meningkatkan pagerank ? Saya pikir tidak juga!!, kalau backlink di dapat hanya dari situs web blog biasa-biasa aja, apalagi jaman sekarang PR tidak terlalu di perhitungkan oleh Google sendiri.
  •  Apa bener pagerank akan menentukan SEO ? Ah yang bener aja bos!! Coba lihat kenyataan, situs web blog ber PR tinggi tidak berarti selalu tampil di halaman depan teratas google search engine ko, malahan bisa kalah dengan blog-blog AGC dan Autoblog yang di anggap sampah internet lho.
  •  Apa bener backlink, pagerank , SEO akan menentukan banyaknya traffic visitor ke blog ? Saya bilang tentu saja - sama sekali tidak menjamin !!
Saat berkomentar di banyak blog, apakah menjamin banyaknya pengunjung dan mendapat backlink? I don't think so ! karena yang saya alami paling cuma beberapa ( bisa di hitung jari ).

Ketika menulis artikel di blog direktori atau situs komunitas ber PR tinggi untuk mendapat backlink, ternyata hanya beresiko duplikat konten jika yang di tulis sama dengan artikel di blog kita. Malahan, itu hanya menguntungkan situs web blog mereka yang kita titipi konten kita...hehe cape dehk..!!, bagaimana kalo nulis artikel original berbeda? laaah pokoknya lebih menguntungkan di posting di blog milik kita sendiri daripada nguntungin mereka !! bener gak???

Ketika saya sering menulis artikel, minimal sehari sekali-kadang 2-3 artikel/hari maka pengunjung meningkat lebih dari 1100/hari dari mesin pencari google organik, lalu lintas pengunjung dari backlink cuma 10-20 aja ko.

Sekarang ini saya nulis artikel agak malas tuh!! paling cuma 1-2 artikel/minggu, mo tau alasannya? penyebabnya sih banyak blog AGC/Autoblog (Blogger Pemalas) yang nyadap konten blog melalui feed RSS....lumayan bikin pusieng & menjengkelkan!!! Makanya pengunjung menurun sampai 500/hari. Tapi lumayan juga, toh di search engine peringkat blog saya ga turun-turun amat ko!

Ingat..!! Searh Engine memiliki banyak algoritma dalam menentukan SERP (Search Engine Results Page), salah satunya adalah backlink dan pagerank, tetapi ada ribuan-jutaan algoritma yang lebih menentukan posisi konten blog di Searh Engine yaitu "KONTEN", "ARTIKEL", "UNIK", "MENARIK", "ORIGINAL"

Oke...Intinya adalah Goyangkan blog Anda dengan update nulis artikel kreatif & unik, menarik, original agar boot/crawler google betah berlama-lama menari-ria di blog Anda, semakin sering Anda update blog maka semakin sering juga artikel muncul di halaman paling depan dan teratas di Google Searh Engine ( SEO ). Apapun pendapat Anda, itu terserah pada pilihan masing-masing. Penting atau tidaknya Pagerank, Backlink, SEO itu juga tergantung tujuan Anda. Bagi saya Traffic visitor/pengunjung blog lebih di utamakan daripada berpikir macam-macam yang melelahkan. Slamat berjuang!! Sallam